Penyakit Kencing Nanah dan Cara Penyembuhannya

pada Rabu, 20 Desember 2017

Penyakit Kencing Nanah dan Penyembuhannya - Gonore atau kencing nanah yakni salah satu penyakit menular seksual yang biasa dan disebabkan oleh bakteri bernama Neisseria gonorrhoeae atau gonococcus. Pria maupun wanita bisa terjangkit penyakit ini. Kuman gonococcus lazimnya ditemukan di cairan penis dan vagina dari orang yang terinfeksi.

Bakteri penyakit ini bisa menyerang anus, serviks (leher rahim), uretra (saluran kencing dan sperma), mata, dan tenggorokan. Baca juga: Kencing Nanah dan Penyembuhannya

Gonore paling kerap kali menular via relasi seks, seperti seks oral atau anal, mainan seks yang terkontaminasi atau tak dilapisi dengan kondom baru tiap diterapkan, dan terkait seks tanpa menerapkan kondom. Bayi juga dapat terinfeksi saat pelaksanaan kelahiran seandainya ibunya mengidap penyakit gonore dan lazimnya menjangkiti mata bayi, sampai berpotensi mengakibatkan kebutaan permanen.

Kuman gonore tidak bisa bertahan hidup di luar tubuh manusia untuk waktu yang lama, itu sebabnya gonore tak menular via dudukan toilet, peralatan makan, berbagi handuk, kolam renang, berbagi gelas, ciuman, dan pelukan.

Gejala Gonore

Sekitar 10 persen pria yang terinfeksi dan 50 persen dari wanita yang terinfeksi tidak mengalami gejala sehingga banyak penderita gonore menularkannya terhadap pasangan mereka tanpa disadari.
Lazimnya lebih gampang untuk mengenali gejala gonore pada pria dibandingkan wanita karena gejala permulaan pada wanita mungkin amat ringan atau tidak seperti itu jelas sehingga sering keliru dianggap sebagai infeksi vagina atau infeksi saluran kemih. Namun demikian, infeksi akan menjalar ke organ panggul wanita apabila tidak lantas diobati dan dapat menyebabkan perdarahan pada organ intim wanita, sakit pada perut komponen bawah, demam, dan sakit dikala mengerjakan relasi seksual.

Gejala gonore yang sering kali timbul, bagus pada pria maupun wanita, di antaranya adalah saat buang air kecil akan terasa sakit atau perih dan keluarnya cairan kental seperti bisul berwarna kuning atau hijau dari Miss V atau penis. Oleh karena itu, penyakit ini diketahui dengan sebutan ‘kencing abses’.

Diagnosis Gonore

Ada sebagian cara untuk menegakkan diagnosis gonore pada seseorang. Pada hampir sebagian besar kasus, dokter akan mengerjakan pengujian sampel cairan dari organ intim wanita atau penis untuk kemudian diperiksa di lab.
Pada wanita, dokter atau perawat umumnya akan mengaplikasikan cotton bud untuk mengambil sampel cairan di vagina atau mulut rahim. Tetapi, dokter mungkin juga dapat minta pasien untuk memakai tampon guna mengambil sampel cairan hal yang demikian. Prosedur ini tidak memunculkan rasa sakit, namun pasien mungkin akan merasa sedikit tidak nyaman. Baca juga: Penyakit Kencing Nanah dan Cara Penyembuhannya

Prosedur pada pria sedikit berbeda, di mana dokter mungkin akan memeriksa sampel air seni pasien untuk kemudian diperiksa alhasil di laboratorium. Pemeriksaan air kemih ini kurang cermat akibatnya pada pasien wanita. Kecuali itu, dokter mungkin juga akan mengambil sampel cairan yang keluar di ujung penis dengan mengaplikasikan cotton bud.

Pengobatan dan Pencegahan Gonore

Dokter biasanya akan memberikan satu suntikan antibiotik dan satu tablet antibiotik untuk mengobati gonore, serta memberi rekomendasi supaya Anda kembali lagi satu atau dua minggu setelah pengobatan awal untuk pemeriksaan ulang dan mempertimbangkan bakteri gonore sudah sirna sepenuhnya.
Gejala imbas kuman gonore akan membaik sesudah beberapa hari jika dilaksanakan pengobatan yang efektif dan sesegera mungkin. Melainkan bila dibiarkan, dapat menjadi permasalahan yang serius.

Untuk mencegah penularan pada orang lain atau terinfeksi kembali, Anda dan pasangan Anda sebaiknya tidak berkaitan seks sampai perawatan benar-benar tuntas dan pemeriksaan ulang telah ternyata negatif.

Anda dapat terkena penyakit gonore kembali kalau tidak melaksanakan relasi seks yang sehat dan aman di kemudian hari. Cara terbaik untuk mencegah infeksi menular seksual yakni dengan tidak berganti-ganti pasangan, tidak menjalankan hubungan seksual di luar nikah, dan gunakan kondom kalau melaksanakan relasi seks.

Demikian merupakan review tentang Penyakit Kencing Nanah dan Cara Penyembuhannya yg bisa de nature sampaikan untuk Bapak/ Ibu sekalian. Semoga bacaan tersebut bermanfaat & dapat menambah ilmu utk Agan semua.